Skip to toolbar

Mega Tarigan di Balik Operasional MRT Jakarta

0 0
Read Time:2 Minute, 43 Second

edi sembiringEDI SEMBIRING. JAKARTA — MRT Jakarta baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi [Minggu 24/3]. Siapa sangka ada perempuan dari Taneh Karo yang mengatur agar jalannya MRT Jakarta berlangsung baik. Mega Indahwati Natangsa Tarigan (36 tahun) adalah Kepala Divisi Railway Operation MRT Jakarta. Mega Tarigan adalah insinyur wanita pertama yang bergabung dengan MRT Jakarta.

Ia telah bergabung dengan PT MRT Jakarta sejak Agustus 2015.

Sejak itu, ia melakukan perekrutan masinis, pelatihan dan persiapan operasional MRT Jakarta. Ia membawahi lebih dari 60 masinis dan mengatur lancarnya perjalanan kereta-kereta dari MRT Jakarta.

Di antara masinis-masinis yang direkrut itu, ada 6 perempuan. Masinis perempuan di MRT adalah juga sekaligus masinis pertama di Indonesia. Dari sekitar 67 tenaga pemeliharaan kereta, ada 18 perempuan yang tersebar di berbagai posisi; spt. pemeliharaan kereta, rel, hingga sistem persinyalan.

Secara lengkap, Mega Indahwati Natangsa Tarigan memaparkan tugasnya sebagai berikut:

Watch this video on YouTube.

“Railway Operation ini yang akan mengatur jadwal kereta, jadwal penugasan masinis, station staff, bagaimana flow penumpang dari masuk gate hingga keluar itu lancar dan nyaman. MRT Jakarta ini kan semuanya sudah by sistem, dari segi ketepatan waktu, reliability, availaibility juga lebih bagus ya dari yang sudah ada sekarang. Ini sangat penting. Ketika kita pergi ke suatu negara, hal pertama yang kita perhatikan adalah transportasinya. Jika kita ingin Indonesia berkembang dan image-nya berubah, maka yang perlu diubah adalah transportasinya, yakni transportasi yang maju, bisa diandalkan dan tepat waktu.”

Selanjutnya putri dari Clan Tariga Suku Karo ini menjelaskan bahwa kita memang dituntut untuk punctual dan disiplin jika ingin terjun ke dunia engineering ini, terlepas apapun gendernya. Karena sekali saja kita missed, maka itu berisiko terhadap keselamatan banyak orang.

Meski demikian, perempuan sangat mungkin memberikan pelayanan yang lebih baik atau setara dengan pekerja laki-laki, bahkan dalam dunia engineering yang keras.

“Kita memang perlu sentuhan perempuan agar pelayanan yang diterima oleh pengguna MRT kelak menjadi lebih humanis,” kata Mega.

Mega Indahwati Natangsa Tarigan adalah putri dari bapak Benson Ngatanken Tarigan dan ibu Christina Zebua. Anak ke dua dari 3 bersaudara. Serta ibu dari satu putri.

MRT Jakarta diharapkan menjadi solusi mengurangi kemacetan di Jakarta dan mengubah wajah baru ibukota Indonesia dengan terciptanya transportasi yang lebih maju, bisa diandalkan dan tepat waktu. Bukan kebetulan pula ada kata natangsa dalam namanya.

natangsa 1

Natangsa adalah kosa kata Bahasa Karo yang dalam Bahasa Indonesia berarti menopang/ menatang. Di bawah kendalinya, kiranya mega transportasi ini dapat menopang peradaban baru yang indah. Seperti pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat peresmian MRT Jakarta, “sebuah peradaban baru akan dimulai dengan dioperasikannya MRT Jakarta. Ini adalah sebuah budaya baru karena merupakan yang pertama di negara kita, Indonesia.”

Riwayat pendidikan: Master’s Degree, Business Administration and Engineering, 2007 – 2009 (Fachhochschule für Technik und Wirtschaft Berlin) Bachelor’s Degree, Engineering Physics, 2001 – 2006 (Institut Teknologi Bandung).

Riwayat pekerjaan: Railway Operation Division Head (PT MRT Jakarta, February 2017 – Present) Railway Operation Department Head (PT MRT Jakarta, August 2015 – January 2017) Continuous Improvement Dept (Bombardier Transportation, August 2008 – January 2009, Berlin Area, Germany) Project Engineer Honeywell (May 2006 – August 2007, Jakarta) Co-researcher Building Automation Lab, FH Erfurt (October 2005 – February 2006, Erfurt Area, Germany).

Catatan mengenai video di bawah:

Di Menit ke 50, tentang penumpang perempuan di MRT

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: