Sirulo TV: Munculnya Danau dan Bahaya Awan Panas Sinabung

0 0
Read Time:1 Minute, 1 Second

MARIA EMMY. TIGANDERKET. Erupsi Gunung Api Sinabung yang terjadi 9 April 2017 lalu telah menghasilkan sebuah danau baru di kaki gunung api paling aktif di Sumatra ini.

Erupsi saat itu diikuti terjangan hawa pans dari kawah Sinabung sehingga terjadi guguran lava gunung ini yang sangat banyak.

Guguran lava Sinabung yang turun kemudian membendung air sungai Lau Borus yang mengalir dari Danau Lau Kawar. Sungai yang mengalir melintasi desa-desa di kaki Gunung Sinabung ini kemudian membentuk danau lava panas akibat terbendung guguran lava.




Memang menjadi pemandangan yang mengasyikkan munculnya danau-danau kecil di kaki Sinabung menambah bilangan danau di Dataran Tinggi Karo. Akan tetapi, jangan lupa, munculnya danau-danau kecil ini adalah sekaligus pertanda betapa dahsyatnya awan panas yang menerjang sehingga sungai membentuk danau.

Ini sekaligus menjadi sebuah perigatan kepada semua anggota masyarakat agar tidak memsuki Zona Merah/ Berbahaya Gunung Sinabun yang sudah ditetapkan oleh yang bewewenang. Batu panas lava yang siap meluncur sebanyak 2 juta m3 ke lokasi danau lava panas itu.

Video: Pelin Depari. Foto: Syarifin Bangun.










Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: