SiruloTV: LONGSOR …. LONGSOR …. 5 Desa Taneh Pinem Terisolasi

0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Liputan ELISABETH BARUS (Karo Baluren, Sumut)

Desa Liren adalah salah satu desa kecil yang berpenduduk lebih dari 120 Kepala Keluarga, terletak di Kecamatan Taneh Pinem, Kabupaten Dairi, Sumut). Seluruh desa di Kecamatan Taneh Pinem adalah kampung-kampung tradisional Karo (kuta) sehingga wilayah ini disebut juga sebagai bagian Taneh Karo bernama Karo Baluren.

Mayoritas penduduk Desa Liren adalah warga Suku Karo yang hidup dari ekonomi pertanian; khususnya budidaya kemiri, jagung dan yang paling unik adalah belo (daun sirih).

Saat ini jalan menuju Liren terputus akibat jalan longsor sehingga penduduknya terisolasi dari dunia luar. Mereka tidak bisa melakukan perjalanan keluar desa. Ini menjadi persoalan pelik terutama bagi pelajar sehingga tidak bisa tiba di sekolah.

Ada 5 desa di Karo Baluren ini yang terjebak akibat longsor ini sehingga semuanya terisolasi saat ini dari dunia luar. Selain Desa Liren, desa-desa yang ikut terjebak longsor adalah Lau Perimbon, Lau Sungsang, Kempawa dan Kuta Nangka.

Longsor ini terjadi setelah hujan yang turun terus menerus selama seminggu terakhir ini sehingga tanahnya menjadi sangat longgar dan mudah runtuh. Longsor ini terjadi pada sebuah tebing jurang yang puncaknya tepat berada di salah satu bahu jalan sehingga jalan sudah terlalu sempit dilalui kendaraan roda empat.

Kontur tanah di wilayah ini memang berbukit-bukit dan tidak rata. Jalan desa yang masih seadanya dengan tanah dan batu-batu kasar memang sepertinya tidak layak dilalui. Hingga saat ini, pembangunan ke desa-desa yang lokasinya lumayan jauh dari ibukota kecamatan (Kutabuluh) maupun ibukota kabupaten (Sidikalang) ini tidak disentuh dengan serius.

Watch this video on YouTube.

Mereka bahkan kesulitan mendistribusikan hasil pertanian mereka. Bisa kita bayangkan dengan kondisi jalan seperti ini, truk-truk yang mengangkut jagung dari desa ini akan kesulitan beroperasi, terutama dengan jalan yang sebagian besar masih tanah ini. Jika truk besar seperti colt diesel yang lewat pasti akan memperparah kondisi jalan sehingga semakin cepat rusak.

Kondisi ini sudah terjadi berulangkali. Seumur desa ini tidak pernah jalan menuju ke sana bagus.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: