Skip to toolbar
hands in front of white and black background

Kolom Boen Syafi’i: TIDAK PERLU BAPER DENGAN UCAPAN TENGKUJUL

0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

Apakah kita wajib marah dengan ulah si Tengku Zulkarnaen yang telah terang-terangan menghina Suku Jawa kita? Tidak. Jika anda mengaku Wong Jowo asli, memahami ajaran Jawa, memahami filosofinya maka anda tidak akan pernah marah, meski telah dihina dina.

Paling anda akan berkata: “Wes yo ben? Mengko congore si Tengkujul lak yo mengsle dewe, Gusti ora sare.”

Namun jika anda masih suka baperan, alay, dan mudah tersungging eh tersinggung, sudah sepatutnya dipertinyikin keJawa’an yang anda punya. Orang Jawa yang Njawani itu pasti memiliki kesabaran, sopan santun serta sikap toleransi yang tinggi.

Wes ora usah baperan, lebih-lebih pusing ngurusi congore si Tengkujul. Wong tubuhnya dari dulu juga kagak bisa kurus og. Biarlah dia dengan fantasi kebencian di otaknya, sedangkan tugas kita adalah berjoged di depannya sambil teriak cendol dawet hlo hlo hlo josss.

Semakin dia benci, maka semakin sukses besarlah kita. Niscaya kebencian tersebut akan kembali dan menjadi karma buruk yang senantiasa ada di kehidupannya.

Tidak perlu juga melaporkan congornya ke pihak yang berwajib. Kalau dia suka rasis, yo wes ben alias dijarkan saja. Untung wae dirinya itu suka rasis. Coba kalau dia suka makan rumput? Pasti dikira wedhoes toh sama orang-orang.

“Eh, tapi jenggotnya kan udah mirip wedhoes, ya?”

Wong Jowo ora perlu marah-marah. Dan tidak perlu baperan juga. Karena kita bukanlah pemakan daging wedhoes, onta, buaya serta kadal setiap harinya. Itulah kenapa kita disuruh pakai batik bukanya gamis.

Kenapa? Biar guratan-guratan hidup kita kaya warna. Mudah menerima perbedaan dan selalu adem di dalam menghadapi persoalan. Bayangkan jika kita disuruh pakai gamis. Huh, pasti akan dikira emak-emak yang lagi mau melahirkan.

Kin dibil njirin ini niminyi? Jangan letakan benci di dalam hati. Karena benci itu letaknya ada di pinggir jalan, sambil tereak tereak ….

“Sedooott Om Sedoooottt”

Yukkk..

Salam Jemblem..

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: