Skip to toolbar

Kolom Edi Sembiring: JELANG 1.812 KM JALAN KAKI DARI MEDAN — Petani Karo Hilir Siap Berkemah di Depan Istana

0 0
Read Time:1 Minute, 49 Second

Rabu malam, 5 Agustus 2020, ratusan petani Simalingkar dan Mencirim (Karo Hilir) diterima dan bermalam di Kantor DPC PKB Kabupaten Tangerang. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk beristirahat setelah 40 hari melakukan aksi jalan kaki dari Medan. Pagi tadi [Kamis 6/8], para petani Karo Hilir melanjutkan perjalanan menuju Istana Negara, Jakarta.

Menuntaskan 1.812 km perjalanan panjang menuntut keadilan.

170 petani yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB), Kabupaten Deli Serdang (Sumatera Utara), telah melakukan aksi jalan kaki dari Medan sejak tanggal 25 Juni 2020 menuju Jakarta.

Para petani bertekad bulat melakukan aksi jalan kaki 1.812 kilometer dari Medan menuju Istana Negara di Jakarta, untuk mencari keadilan kepada Presiden Joko Widodo. Karena selama bertahun-tahun, konflik agraria dengan PTPN II tidak dapat diselesaikan oleh Pemkab Deli Serdang dan Pemprov Sumatera Utara.

Dalam Press Releasenya, para petani menuntut keadilan atas tanah mereka yang telah dirampas oleh PTPN II. Mereka juga meminta agar dihentikan kriminalisasi terhadap petani serta meminta dibebaskannya Ardi Surbakti, Beni Karo-karo dan Japetta Purba yang sampai saat ini masih ditahan oleh polisi.

Konflik agraria telah berlangsung bertahun-tahun lamanya. Baik Pemkab Deli Serdang maupun Pemprov Sumatera Utara, tak mengindahkan suara-suara para petani yang telah tinggal di atas tanah itu sejak dari tahun 1951. Sementara para petani telah mengantongi SK Landreform sejak tahun 1984.

Dan parahnya, sebanyak 36 petani di Mencirim yang ikut tergusur, sudah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM).

Saat para petani menginap di Kabupaten Tangerang.

Saat tiba di Pelabuhan Merak (Banten), para petani disambut oleh aktivis dari gerakan tani, buruh dan mahasiswa, di antaranya: KPA, Pergerakan Petani Banten (P2B), Konfederasi KASBI, PMII Cilegon, PMII Serang, Serikat Mahasiswa Sosialis Demokratik dan Aliansi Mahasiswa Cilegon.

Mereka mengawal para petani Simalingkar dan Mencirim bergerak menuju Istana Negara, Jakarta.

170 petani Simalingkar dan Mencirim siap untuk berkemah di depan Istana Negara sampai tuntutannya dikabulkan. Sore ini, para petani akan sampai di Kota Tangerang dan menginap di Kantor Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Tangerang.

Video selengkapnya di bagian ke-27 :
https://youtu.be/YK1Q-wG_Hj0

#SelesaikanKonflikAgraria
#petanisimalingkar
#petanimencirim

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: