Skip to toolbar

Kolom Edi Sembiring: UNDANGAN KOMISI VI DPR RI — Petani Karo Berjalan Terus

0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

Setelah 17 hari berjalan kaki lebih dari 650 kilometer, hari Sabtu tanggal 11 Juli 2020, 170 petani beristirahat di kantor DPW PKB Riau di Kota Pekanbaru. Koordinator aksi sebelumnya sudah mencoba meminta izin tempat beristirahat ke berbagai kelompok masyarakat yang ada di Pekanbaru, namun tidak diperoleh tempat.

Hingga atas dasar kemanusiaan diterima menginap di kantor DPW PKB Riau, Jalan OK M Jamil.

Para petani ini tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB). 170 petani ini telah berjalan kaki dari Medan sejak tanggal 25 Juni 2020 menuju Istana Negara, Jakarta, untuk menjumpai Presiden Joko Widodo untuk meminta keadilan karena tanah mereka tempati yang telah digusur paksa oleh korporasi PTPN II.

Dewan Pembina Serikat Petani Simalingkar dan Mencirim Bersatu, Aris Wiyono, kepada Sorasirulo.com menyampaikan, bahwa ada undangan dari Komisi VI DPR RI, agar perwakilan petani datang ke Senayan, Jakarta. Dan akan diterima hari Selasa 14 Juli 2020.

“Kalau ada tempat yang luas dan bisa beristirahat minimal satu minggu, peserta kita istirahatkan sambil menunggu hasil perwakilan,” kata Aris Wiyono kepada¬†Sorasirulo.com.

Namun sayangnya, tak ada fasilitas umum di Pekanbaru yang diizinkan untuk dipakai beristirahat. Padahal para petani sedang dalam perhatian Komisi IV dan VI DPR RI. Baru hanya DPW PKB Riau yang memberikan tumpangan dan makan hingga hari ini.

Eden Ginting, salah seorang petani Mencirim, mengatakan bahwa yang berangkat ke Jakarta adalah perwakilan petani Simalingkar A dan Mencirim. Sementara Eden bersama petani-petani lainnya menunggu hasil pertemuan.

Koordinator aksi jalan kaki (Sulaiman Wardana Sembiring) mengatakan, mereka berangkat ke Jakarta dengan menggunakan kendaraan medis. Perwakilan yang berangkat sejumlah 26 orang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: