Walikota Medan Terima Kunjungan Kerja Pemko Surakarta

0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

MAJA BARUS. MEDAN. Walikota Medan (Drs. H T Dzulmi Eldin S MSi) diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (Pulungan Harahap) menyambut baik Kunjungan Kerja Pemerintah Kota Surakarta di Ruang Rapat I Kantor Walikota Medan [Rabu 18/10]. Kunjungan kerja jajaran Pemko Surakarta ini dalam rangka studi banding terkait skema pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam mendukung program pembangunan daerah.

Pada kesempatan ini, rombongan Pemerintah Kota Surakarta dipimpin Kepala Dinas PUPR Kota Surakarta, Ir. Endang dan juga dihadiri pimpinan-pimpinan SKPD dari daerahnya menjelaskan bahwa rencananya mereka akan melakukan proyek pembangunan daerah dengan menggunakan skema KPBU.




Kunjungan ini dalam rangka memperkuat persiapan dalam menjalankan program tersebut, pihaknya tengah serius melakukan studi banding ke berbagai daerah untuk mendapatkan referensi dalam pengambilan kebijakan daerah.

Saat ini, Pemko Surakarta tengah merancang Proyek KPBU PJU yang merupakan bantuan dari Kementerian. Pemko Surakarta menilai perlunya melakukan studi banding ke Kota Medan karena Kota Medan saat ini tengah melakukan kajian untuk pembangunan dengan skema serupa, seperti KPBU Sarana Transportasi Masal serta KPBU RSUD Dr. Pirngadi Medan.



Walikota Medan mengungkapkan selama ini Pemko Medan terus berupaya melaksanakan program-program untuk pembangunan daerah. Dengan keterbatasan APBD, tentunya Pemko Medan perlu melibatkan pihak swasta untuk turut membantu pembangunan daerahnya.

“Kita sedang merancang Pembangunan Transportasi Masal, LRT dan BRT serta pengembangan RSUD Pirngadi untuk kepentingan publik. Tentunya ini semua dirancang untuk meningkatkan fasilitas umum perkotaan yang bisa menunjang kegiatan masyarakat Kota Medan,” ujar Pulungan didampingi Kabag Hubungan Kerjasama Antar Daerah Kota Medan, Rivai Nasution.

Penjelasan secara teknis terkait kesiapan rencana proyek pembangunan di Medan dengan skema KPBU tersebut, turut dijelaskan oleh Bappeda Kota Medan (Iin Saragih). Ditambahkannya, proyek KPBU Kota Medan ini juga mendapat fasilitasi dan pendampingan dari Bappenas.

“Pada dasarnya proyek pembangunan dengan Skema KPBU adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,” ujar iin.

Kunker tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait Skema KPBU antara Pemko Surakarta dan Pemko Medan yang dipimpin oleh Staf Ahli, Pulungan Harahap.

Di akhir sesi, kedua daerah saling bertukar cindera mata khas daerahnya masing-masing, yang ditutup dengan sesi foto bersama.










Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: